29 November 2011

Hadits Bersiwak (Gosok Gigi)




hadits
PERINTAH BERSIKAT GIGI
(LM : 142)


Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah : HADITS PENDIDIKAN
Dosen Pengampu : Drs. Sarbini, M.Ag



Disusun oleh :

Nama             : SRI SUDARSINI
NIM                : 02.7313
Semester        : V (PAI)

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM MAMBA’UL ‘ULUM SURAKARTA
(STAIMUS)
2011



Bersiwak / Gosok Gigi  (LM. 142)

حَدِ يْثُ اَبِى هُرَ يْرَ ةَ ر.ه. أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص.م. قَالَ : لَوْلاَ أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي لأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ مَعَ كُلِّ صَلاَةٍ

“Abu Hurairah r.a. berkata : Rasululah s.a.w bersabda : Andaikan aku kuatir memberatkan pada umatku pasti aku perintahkan atas mereka (gosok gigi) tiap akan sembahyang (HR. Bukhori Muslim)”.
       

Pesan Hadits Diatas          
                                                                                              
  Yaitu kita diperintahkan sebagai umat Nabi Muhammad untuk selalu menjaga kebersihan terutama pada gigi. Hadits tersebut sebenarnya telah memerintahkan kita agar kita gosok gigi sebelum sembahyang. Karena banyak manfaat atau kebaikan kita selalu menjaga kebersihan gigi :
1)      Mencegah gigi berlubang
2)      Tidak menimbulkan bau mulut
3)      Menghilangkan sisa makanan pada gigi
4)      Terhindar dari sakit gigi


       Analisis isi

Hadits tersebut menganjurkan kita untuk selalu menjaga kesehatan diri, terutama pada hadits ini adalah kesehatan atai kebersihan gigi. Karena kita ketahui bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Dengan demikian kita diharuskan untuk selalu menjaga kebersihan agar terhindar dari berbagai penyakit yang bisa ditimbulkan dari gigi. Karena kita tidak memperhatikan kebersihan atau kesehatan gigi.

Hadits tersebut juga menjelaskan bahwa Rasulullah akan memerintahkan kita sebagai umat Nabi untuk selalu membersihkan gigi dan seandainya kita bisa sebelum sembahyang bukan hanya Wudlu tetapi juga gosok gigi. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan kita harus semaksimalkan menjaga dan merawat gigi kita agar tetap sehat.

Hadits 'Amar Ma'ruf





TUGAS
menyuruh orang ber’amar ma’ruf tapi tidak melaksanakan


Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah : HADITS PENDIDIKAN
Dosen Pengampu : Drs. Sarbini, M.Ag




Disusun oleh :

Nama                   : SRI SUDARSINI
NIM                     : 02.7313
Semester              : V (Lima)
Jurusan                : TARBIYAH


SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM MAMBA’UL ‘ULUM SURAKARTA
(STAIMUS)
2011




1.      Hadits Menyuruh Orang Ber’amar Ma’ruf, tetapi tidak melaksanakan 


وَعَنْ ابِى دَ يْدِ اُسَا مَةَ بْنِ زَ يْدِ بْنَ حَا ِر تَّةَ رَِض اللهُ عَنُهُمَا قَا لَ : سَمِعْتُ رَ سُوْ اللهِ ص.م. يقر ل : يُؤُ تّر بِا الرَّجُِل يَوْم القِيَى مَةِ فَيُلْقَ فِى النَّا ِر فَتَـنَدَ لِقُ ا قْتَا بُ بَطُنِهِ غَيَدُ ِورُ جِمَا كَمَا يَرُ وْ رُ الحْمَا وُ فِى الرَّ حَا مَنَيْحَبْتَمِعُ إِلَيُهِ اَهُلُ النَّا , فَيَقُوْ لُوْ نَ : يَا فُلاَ نُ مَا لَكَ اَلَمْ تَكُتْ تَأْ مُدُ يِا اْلَمَعْرُ وْفِ وَ تَنْرَ عَنِ اْلُمنْكَِر ؟ فَمَقُرْ لُ : كَلَ.  كُنْتُ اَمُرُ بِا الُمَعْرُ نِ وَلآا تِيُهِ.  وَأَ نْرَ مَ عَنِ الْمُنْكَرَ وَآ تِيْهِ (متفق عليه)


2.      Terjemah
Abu Zaid (Usmah) bin Zaid bin Haritsah r.a saya telah mendengar Rosulullah bersabda : Seorang dihadapkan di hari Qiyamat, kemudian dilemparkan ke dalam neraka, maka keluar usus perutnya, lalu berputar-putar di dalam neraka bagaikan himar yang berputar di sekitar penggilingan maka berkerumun ahli neraka padanya sambil bertanya : Hai fulan, mengapakah engkau tidakkah kau dahulu menganjurkan kebaikan dan mencegah mungkar? Jawabnya : Benar aku dahulu menganjurkan kebaikan, tetapi tidak saya kerjakan, dan mencegah mungkar tetapi saya kerjakan. (HR. Bukhori & Muslim).


3.      Pesan Hadits

Menyuruh orang untuk menganjurkan kebaikan dan mencegah kemungkaran : Tidak hanya menyuruh orang lain untuk melakukannya tetapi dirinya sendiri. Tidak melakukan maka pesan hadits ini. Harus berbuat kebaikan dan mencegah kemungkinan dan juga melaksanakan untuk dirinya sendiri.


4.      Analisis Isi

Peringatan bagi orang yang menganjurkan kebaikan dan mencegah tetapi ia sendiri tidak melaksanakan, maka diakhirat nanti ia dilemparkan kedalam neraka bagaikan himar yang berputar - putar disekitar penggilingan.


Referensi Yang Dimiliki

Riyadus Sholihin Jilid 1 dan Jilid 2
Al-Lu'Lu' Wal Marjan


My New Style

My New Style

My Family

My Family
Miyya Kak Cintha and Family

Prambanan In Action

Prambanan In Action

Kakak Miya

Kakak Miya

PKN STAIMUS 2013

PKN STAIMUS 2013
Mahasiswa PKN dan Peserta Lomba TPQ

PKN 2013 STAIMUS

PKN 2013 STAIMUS

Entri Populer