29 Desember 2011

Makanan Sehat ???


Pengertian Makanan Sehat.

Bagi yang sedang berdiet tentu punya kekawatiran menjadi gendut ketika mengkonsumsi makanan , padahal dengan memilih milih makanan sehat Anda bisa tetap makan kenyang tanpa ada resiko menjadi gendut. Kira kira seperti apa yaa tips makan makanan sehat tanpa takut menjadi gendut?
Ketika berdiet tidak dianjurkan untuk menjadi lapar, bahkan salah satu tips bagi yang berdiet adalah "diet bukan kelaparan". Diet adalah menjaga perut tetap dalam keadaan tidak lapar. ada makanan yang yang mempunyai efek mengenyangkan, sehingga ketika makan makanan jenis ini tubuh kita akan tetap merasa kenyang lebih lama, sehingga secara tidak langsung porsi makan kita akan berkurang dan berat badan terjaga.

Jenis makanan sehat penahan lapar.
Sayuran Hijau
Sayuran adalah makanan yang rendah kalori, selain itu sayuran seperti brokoli, asparagus, bayam memiliki efek termal dalam tubuh maksutnya dalah sayuran ini tidak mungkin disimpan sebagai lemak karena kalorinya telah habis digunakan dalam proses pencernaan. Sayuran hijau juga mengandung kadar serat yang tinggi, serat ini berfungsi sebagai anti oksidan,vitamin, mineral dalam jumlah yang minim dan yang pasti serat akan memberikan rasa kenyang. sayuran hijau cocok sekali digunakan sebagai salah satu makanan sehat untuk diet.

Apel
Pektik yang ada pada apel dapat menurunkan nafsu makan Anda secara alami. Apel sebagai makanan sehat banyak sekali digunakan sebagai makanan pengganti untuk diet. selain itu, kandungan serat yang ada pada apel pasti akan menjaga Anda tetap kenyang dalam waktu yang lebih lama. Apel memang telah dikenal luas sebagai salah satu makanan sehat untuk diet.

Kacang Kacangan.
Protein memiliki index kenyang tertinggi dibanding bahan makanan lainnya dan Kacang adalah salah satu sumber protein nabati yang baik. Selain itu kacang juga mengandung serat yang tinggi pula. Untuk mencerna kacang tubuh memerlukan waktu yang lebih lama hasil akhirnya adalah anda akan merasakan kenyang yang lebih lama ketika mengkonsumsi makanan sehat ini.

Susu rendah lemak
Susu rendah lemak dan produk olahan susu yang rendah lemak seperti keju dan yogurt merupakan sumbel kalsiaum yang baik. penelitian menyebutkan jika kita tidak mendapatkan asupan kalsium dalam jumlah yang cukup maka tubuh akan melepaskan senyawa calcitrol yaitu suatu hormon yang akan memicu terjadinya penyimpanan lemak. Susu telah dikenal sebagai produk makanan sehat ,Pilihlah susu rendah lemak sebagai makanan sehat untuk diet.

Ikan.
Ikan, seperti halnya kacang kacangan juga sebagai salah satu makanan sehat sumber protein. kacang mengandung protein nabati sedangkan ikan mengandung protein hewani. ikan ikan seperti mackarel, hering, tuna, salmon mengandung asam lemak omega-3 , asam lemak ini akan membantu menurunkan kolesterol Anda dan juga akan mempercepat metabolisme anda. Cara membuat makanan sehat dengan ikan pun ikut menentukan kualitas makan sehat itu sendiri ,secara umum dipanggang atau di kukus lebih baik daripada di goreng ataupun di bakar.

KIAT MEMILIH MAKANAN YANG SEHAT DAN AMAN
  • Hindari pangan yang dijual di tempat terbuka, kotor dan tercemar, tanpa penutup dan tanpa kemasan.
  • Beli pangan yang dijual ditempat bersih dan terlindung dari : matahari, debu, hujan, angin dan asap kendaraan bermotor. Pilih tempat yang bebas dari serangga dan sampah.
  • Hindari pangan yang dibungkus dengan kertas bekas atau koran. Belilah pangan yang dikemas dengan kertas, plastik atau kemasan lain yang bersih dan aman.
  • Hindari pangan yang mengandung bahan pangan sintetis berlebihan atau bahan tambahan pangan terlarang dan berbahaya. Biasanya pangan seperti itu dijual dengan harga yang sangat murah.
  • Warna makanan atau minuman yang terlalu menyolok, besar kemungkinan mengandung pewarna sintetis, jadi sebaiknya jangan di beli.
  • Untuk rasa, jika terdapat rasa yang menyimpang, ada kemungkinan pangan mengandung bahan berbahaya atau bahan tambahan pangan yang berlebihan. Sebaiknya hindari minuman yang terasa pahit, yang kemungkinan mengandunng sakharin yang berlebihan, atau pangan yang terasa

Pengertian Makanan Sehat

Makanan yang memenuhi syarat kesehatan atau makanan sehat adalah makanan yang higienis, bergizi, dan berkecukupan. Makanan yang higienis adalah makan yang tidak mengandung kuman penyakit atau zat yang dapat membahayakan kesehatan. Makanan yang bergizi adalah makanan yang cukup mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin dalam jumlah yang seimbang sesuai kebutuhan. Makanan yang berkecukupan adalah makanan yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh pada usia dan kondisi tertentu. Selain memenuhi persyaratan pokok tersebut, perlu diperhatikan juga cara memasak makanan, suhu makanan pada saat disajikan, dan bahan makanan yang mudah dicerna.
Tiga fungsi utama makanan sehat :
  1. Sebagai sumber energi, yaitu zat makanan dapat menyediakan energi untuk berbagai aktivitas tubuh. Zat makanan yang berperan dalam menghasilkan energi adalah karbohidrat dan lemak. Dalam keadaan darurat, protein juga bisa sebagai sumber energi. Kandungan Kalori setiap 1gram zat makanan karbohidrat adalah 4,1 Kalori ; lemak 9,3 Kalori ; protein 4,1 Kalori ( 1 Kalori = 1 kilokalori )
  2. Sebagai pembangun tubuh, yaitu zat makanan yang diperlukan untuk pertumbuhan, perkembangan, dan penggantian sel tubuh yang rusak. Zat makanan yang berperan adalah protein dan beberapa mineral.
  3. Sebagai pelindung, yaitu zat makanan yang berperan menjaga keseimbangan (homeostasis) proses biologis atau metabolisme dalam tubuh. Metabolisme itu misalnya mengatur kerja hormon, mengatur pertumbuhan tulang, mempengaruhi kerja jantung, dan mengatur penghantaran impuls sel syaraf. Zat makanan yang berperan adalah protein, vitamin, mineral, air.

Selain ketiga fungsi utama tersebut, makanan juga berfungsi untuk :
  1. Menjaga tubuh dari kondisi stres yang biasanya terjadi jika seseorang terkena penyakit, menerima tekanan kerja yang cukup berat, atau mendapat masalah yang menggangu emosionalnya. Jika cukup nutrien akan tahan terhadap kondisi stres ini, karena nutrien yang cukup menjaga tubuh dalam kondisi optimal.
  2. Meningkatkan inteligensi, beberapa penelitian menunjukan bahwa kecukupan gizi pada masa bayi mempengaruhi inteligensi. Ibu hamil kurang gizi (terutama jika kekurangan protein dan karbohidrat) melahirkan anak dengan kemampuan belajar rendah.
  3. Memelihara fungsi reproduksi, terdapat kolerasi antara kecukupan nutrien dengan kemampuan bereproduksi wanita. Beberapa penelitian menunjukan bahwa wanita yang mengalami defisiensi nutrien lebih sering keguguran ketika hamil dan bermasalah selama hamil.

Daftar pustaka
http://www.scribd.com/doc/14548369/ILMU-GIZI



Data Email

Dosen Pengampu: Drs. Sarbini, Mag

DAFTAR EMAIL
TUGAS HADITS PENDIDIKAN
SEMESTER : V / PAI

NO.
NAMA
NIM
1
SRI SUDARSINI
02.7313
2
TAUFIQ ABDUL AZIZ
02.7127
3
BETI SUSANTI
02.7118
4
SEMIYATI
02.7131
5
MUNARWAN DWI RIYANTO

6
UMI KULSUM
02.7144

DAFTAR MEMAIL
TUGAS TAFSIR PENDIDIKAN
SEMESTER: V /PAI

NO.
NAMA
NIM
1
SRI SUDARSINI
02.7313
2
MAHFUDH SYAFI’I
02.7139
3
BETI SUSANTI
02.7118
4
UMI KULSUM
02.7144
5
NANIK ASTUTI
02.7315
6
MUNARWAN DWI RIYANTO

7
INDRIA ANDI CANDRA KUSUMA


Pengirim Email


(SRI SUDARSINI)
NIM: 02.7313

Tafsir Al Mujadalah ayat 14


TUGAS
 TAFSIR PENDIDIKAN
SURAT AL-MUJADALAH: 14

Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah: Tafsir Pendidikan
Dosen Pengampu: Drs. Sarbini, M.Ag



 









                                                                                                                                                        

Disusun Oleh:

Nama          : SRI SUDARSINI
NIM            : 02.7313
Semester     : V



JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM MAMBA’UL ‘ULUM SURAKARTA
(STAIMUS)
2011

TAFSIR PENDIDIKAN
SURAT AL-MUJADALAH: 14

1.      Ayat Al-Mujadalah : 14
 

2.      Terjemah
Artinya: “Tidakkah kamu perhatikan orang-orang yang menjadikan suatu kaum yang dimurkai Allah sebagai teman? orang-orang itu bukan dari golongan kamu dan bukan (pula) dari golongan mereka. dan mereka bersumpah untuk menguatkan kebohongan, sedang mereka mengetahui”.

3.      Asbabul Nuzul
Siriwayatkan dari Muqatil dan As-Saddi
“Kami menerima riwayakan bahwa ayat ini turun berkenaan dengan seorang munafik bernama Abdullah bin Nabtal. Dia duduk di Majelis Rasulullah, lalu melaporkan pembicaraan Rasulullah kepada kaum Yahudi. Rasulullah menegurnya tetapi dia bersumpah demi Allah bahwa tidak melakukan hal itu. Maka dari itu turunlah ayat ini.

4.      Analisis
Yakni orang-orang Yahudi yang munafik bersekongkol dan memihak kepada batinya. Mereka hakikatnya bukan dari kalangan orang-orang Yahudi. Orang munafik itu bersumpah dengan berdusta sedangkan mereka mengetahui bahwa sumpah yang mereka lakukan itu dusta belaka. Hal ini merupakan kebiasaan mereka yang terkutuk. Karena sesungguhnya apabila orang-orang yang beriman mengatakan “ kami beriman”. Dan apabila datang kepada Rasul, mereka bersumpah kepadanya dengan nama Allah bahwa mereka beriman. Padahal mereka mengetahui dalam dirinya bahwa sumpah yang mereka lakukan itu hanyalah dusta belaka. Mereka tidak menyakini kebenaran dari apa yang mereka katakan. Sekalipun secara lahiriah dibenarkan karena itulah maka Allah menyakini kedustaan sumpah dan persaksian mereka terhadap hal itu.

5.      Pesan Dasar Ayat
1.      Jangan menjadi pengkhianat.
2.      Berlakulah jujur sekalipun itu pahit.
3.      Jangan menjadi orang yang munafik.

6.      Sumber Bacaan
Al-Qur’an dan terjemah
Ibnu Katsir


My New Style

My New Style

My Family

My Family
Miyya Kak Cintha and Family

Prambanan In Action

Prambanan In Action

Kakak Miya

Kakak Miya

PKN STAIMUS 2013

PKN STAIMUS 2013
Mahasiswa PKN dan Peserta Lomba TPQ

PKN 2013 STAIMUS

PKN 2013 STAIMUS

Entri Populer