22 Agustus 2011

Hadist 1

HADIS 1
ABDULLAH MAHFUD, MSI
Semester : IV PAI


1.                 1. Hadis Tentang kesempurnaan Iman

Dalil sebagian dari iman adalah cinta seseorang kepada sesama muslim seperti ia mencintai dirinya sendiri
·         Hadis riwayat Anas bin Malik ra., ia berkata:
Nabi saw. bersabda: Salah satu di antara kalian tidak beriman sebelum ia mencintai saudaranya seperti mencintai diri sendiri. (Shahih Muslim No.64) 

2.    Hadis Tentang Ciri2 Orang Mukmin dlm Menghormati Tamu
Sunat memuliakan tetangga dan tamu, berdiam diri kecuali untuk kebaikan, menerangkan bahwa semua itu termasuk iman
·         Hadis riwayat Abu Hurairah ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari kiamat, maka hendaklah ia berbicara yang baik atau diam. Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari kiamat, maka hendaklah ia memuliakan tetangganya. Dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari kiamat, maka hendaklah ia memuliakan tamunya. (Shahih Muslim No.67)
·         Hadis riwayat Abu Syuraikh Al-Khuza'i ra., ia berkata:
Nabi saw. bersabda: Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah ia berbuat baik kepada tetangganya. Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah ia memuliakan tamunya. Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah ia berkata yang baik atau diam. (Shahih Muslim No.69) 

3.    Arti dan Makna Muslim
·       Hadis riwayat Abdullah bin Amru bin Ash ra., ia berkata:
Seseorang bertanya kepada Rasulullah saw: Orang Islam manakah yang paling baik? Rasulullah menjawab: Orang yang kaum muslimin selamat dari lisan dan tangannya. (Shahih Muslim No.57)
·       Hadis riwayat Abu Musa ra., ia berkata:
Aku pernah bertanya: Wahai Rasulullah, Islam manakah yang paling utama? Rasulullah saw. bersabda: Orang yang kaum muslimin selamat dari lisan dan tangannya. (Shahih Muslim No.59)
·       Dr. Abdullah bin Umar a.r, Dr Nabi Muhammad saw bersabda : orang islam adalah orang yang menyelamatkan orang2 islam dr bahaya lisan dan tangannya dan orang yang berhijrah yaitu orang yang menyajauhi atau pindah dr apa2 yang dilarang Allah.

4.    Pengertian Iman, Islam dan Ikhsan
Iman, Islam, ihsan dan kewajiban beriman kepada takdir]
Hadis riwayat Abu Hurairah ra., ia berkata:
Pada suatu hari, Rasulullah saw. muncul di antara kaum muslimin. Lalu datang seorang laki-laki dan bertanya: Wahai Rasulullah, apakah Iman itu? Rasulullah saw. menjawab: Engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, pertemuan dengan-Nya, rasul-rasul-Nya dan kepada hari berbangkit. Orang itu bertanya lagi: Wahai Rasulullah, apakah Islam itu? Rasulullah saw. menjawab: Islam adalah engkau beribadah kepada Allah dan tidak menyekutukan-Nya dengan apa pun, mendirikan salat fardu, menunaikan zakat wajib dan berpuasa di bulan Ramadan. Orang itu kembali bertanya: Wahai Rasulullah, apakah Ihsan itu? Rasulullah saw. menjawab: Engkau beribadah kepada Allah seolah-olah engkau melihat-Nya. Dan jika engkau tidak melihat-Nya, maka sesungguhnya Dia selalu melihatmu.. (Shahih Muslim No.10).

5.    Hadis Tentang 5 Sendi Agama
Rukun Islam dan pilar-pilarnya
·         Hadis riwayat Ibnu Umar ra., ia berkata:
Nabi saw. bersabda: Islam dibangun di atas lima perkara, mengesakan Allah, mendirikan salat, membayar zakat, puasa Ramadan dan menunaikan haji. (Shahih Muslim No.19).
·       Dr. Abu Abdurrahman Abdullah bin Umar bin Khatob r.a dia bersabda : saya mendengar dari Rasulullah saw bersabda : islam dibangun atas 5 perkara : bersaksi bahwa tiada Illah yang berhak disembah selain Allah & bahwa Muhammad saw adalah utusan Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat, melaksanakan haji dan berpuasa ramadhan. (Hr. Bukhari & Muslim).

6.    Tanda2 Orang Munafik
Menjelaskan tanda-tanda munafik
·         Hadis riwayat Abdullah bin Amru ra., ia berkata:
Rasulullah saw. pernah bersabda: Ada empat sifat yang bila dimiliki maka pemiliknya adalah munafik murni. Dan barang siapa yang memiliki salah satu di antara empat tersebut, itu berarti ia telah menyimpan satu tabiat munafik sampai ia tinggalkan. Apabila berbicara ia berbohong, apabila bersepakat ia berkhianat, apabila berjanji ia mengingkari dan apabila bertikai ia berbuat curang. (Shahih Muslim No.88)
·         Hadis riwayat Abu Hurairah ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Ada tiga tanda orang munafik; apabila berbicara ia berbohong, apabila berjanji ia mengingkari dan apabila dipercaya ia berkhianat. (Shahih Muslim No.89).

7.    Cabang2 Iman
·         Hadis riwayat Abu Hurairah ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Iman itu ada tujuh puluh cabang lebih. Dan malu adalah salah satu cabang iman. (Shahih Muslim No.50)

Menerangkan jumlah cabang iman, yang paling tinggi dan yang paling rendah, keutamaan malu dan bahwa malu termasuk iman
·         Hadis riwayat Ibnu Umar ra., ia berkata:
Nabi saw. mendengar seseorang menasehati saudaranya dalam hal malu, lalu Nabi saw. bersabda: Malu adalah bagian dari iman. (Shahih Muslim No.52)
·         Hadis riwayat Imran bin Husaini ra., ia berkata:
Nabi saw. pernah bersabda: Malu itu tidak datang kecuali dengan membawa kebaikan. (Shahih Muslim No.53).

8.    Tentang Siraturrahim
Dr Anas bin Malik berkata : Rasulullah saw bersabda : barang siapa senang dilapangkan atau diluaskan riskinya dan dipanjangkan umurnya maka sambunglah sirraturrahim.
Manfaat Siraturrahim :
a.     Dilapangkan riskinya
b.    Memanjangkan umur
c.     Mendapatkan riski.

9.    Amalan Yang Utama
Dr. Abdullah bin Masud berkata, saya bertanya kpd Rasulullah SAW : “Amal apa yang paling utama” Rasulullah menjawab : shalat pada waktunya berkata Abdullah bin Masud, saya berkata : “Kemudian apa lagi?? Rasulullah SAW menjawab : “Berbakti kepada Orang tua, dan saya bertanya lagi. Kemudian apa lagi?? “Berjuang dijalan Allah”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My New Style

My New Style

My Family

My Family
Miyya Kak Cintha and Family

Prambanan In Action

Prambanan In Action

Kakak Miya

Kakak Miya

PKN STAIMUS 2013

PKN STAIMUS 2013
Mahasiswa PKN dan Peserta Lomba TPQ

PKN 2013 STAIMUS

PKN 2013 STAIMUS


Entri Populer