22 November 2012

Dampak Perkembangan IPTEK Terhadap Dunia Pendidikan



DAMPAK PERKEMBANGAN IPTEK
TERHADAP DUNIA PENDIDIKAN


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
       Ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini telah berkembang pesat yang menghasilkan alat-alat yang canggih untuk kehidupan manusia. Kemajuan teknologi dalam tiga dasawarsa ini telah menampakkan pengaruhnya pada setiap dan semua kehidupan individu dan masyarakat serta Negara. Dapat dikatakan bahwa tidak ada orang yang dapat mengelakan dirinya dari pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, bukan hanya dirasakan oleh individu, akan tetapi dirasakan pula oleh masyarakat dan bangsa dan Negara. Bagi Negara-negara yang sudah maju teknologinya, pengaruh itu telah lama dirasakan karena justru dalam Negara-negara itulah kemajuan itu mula-mula dicapai. Sebaliknya bagi Negara-negara yang sedang berkembang pengaruh itu baru mulai dirasakan, antara lain seperti dalam bidang informasi, buku-buku, televise, radio, tape recorder dan film.
       Berdasarkan beberapa pendapat, dapat disimpulkan bahwa teknologi merupakan penerapan ( aplikasi ) dari sains yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan mempercepat pencapaian tujuan dari setiap kegiatan yang akan dilakukan. Sedangkan pendidikan yang dimaksud meliputi pendidikan formal, informal,maupun nonformal. Dalam hal ini pendidikan diartikan sebagai usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan yang berlangsung disekolah maupun diluar sekolah sepanjang hayat untuk mempersiapkan peserta didik agar professional dalam masing-masing bidang. 
        Teknologi dalam pendidikan mencakup setiap kemungkinan sarana (alat) yang dapat digunakan untuk menyajikan informasi dalam pendidikan dan latihan. Ellington (1989) menyatakan bahwa teknologi dalam pendidikan pada dasarnya adalah apa yang oleh teknologi pendidikan dipopulerkan dengan nama alat bantu pandang dengar (audiovisual aids), selanjutnya dikembangkan dalam pembelajaran untuk pencapaian tujuan pembelajaran tertentu. Teknologi dalam pendidikan merupakan perpaduan Aspek Teoritis dalam pendidikan, Aspek Perangkat keras (komponen yang saling bergantung tetapi tidak berbeda satu sama lainnya) dan Aspek Perangkat Lunak (berkenaan dengan benda yang dipakai pada perangkat keras).



1
 
 
        Teknologi dalam pendidikan merupakan bagian dari konsep teknologi pendidikan berupa media untuk mempelancar kegiatan instruksional. Potensi penggunaan teknologi dalam pendidikan berkaitan dengan usaha peningkatan produktifitas pendidikan, memungkinkan pendidikan bersifat individual, cepat dll. Implementasi teknologi dalam pendidikan hendaknya selektif sesuai konteks sesuai karakteristik si pelajar dan tingkat kognitifnya.

B. Rumusan Masalah
1. Apa  pengertian IPTEK?
2. Apa peran IPTEK dalam pendidikan?
3. Bagaimana dampak perkembangan IPTEK terhadap dunia pendidikan?
C. Tujuan Penelitian
1. Mengetahui dan memahami IPTEK.
2. Mengetahui dan memahami peran IPTEK dalam pendidikan.
3. Dapat mengetahui dampak perkembangan IPTEK terhadap dunia pendidikan.














2
 
 
BAB II
PEMBAHASAN

1. Pengertian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( IPTEK )
       Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (iptek ) adalah bagian dari kebudayaan. Oleh karena itu, seperti juga unsur kebudayaan yang lain, corak dan perkembangan sangatlah mempengaruhi masyarakat dimana ia berkembang atau diaplikasikan.  IPTEK juga diartikan sebagai sebuah sumber informasi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan seseorang  dibidang teknologi. Dengan kata lain, IPTEK merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi, baik itu penemuan terbaru tentang teknologi ataupun perkembangan dibidang teknologi.
IPTEK saat ini telah berkembangan sangat pesat, hal itu terlihat dari banyaknya bermunculan teknologi-teknologi canggih yang dapat membantu kehidupan manusia.
       Sesungguhnya tak ada seorang pun yang dapat melepaskan diri dari pengaruh teknologi. Setiap saat kita semua bermesraan dengan teknologi. Pakaian yang kita kenakan adalah hasil iptek yang mencengangkan makanan dan air yang kita konsumsi semua melalui proses iptek yang luar biasa kendaraan yang kita naiki, tanpa kita kecuali adalah sosok iptek, tak ketinggalan kertas, buku dan bolpoin yang kita pakai adalah juga buah iptek. Iptek ada dimana-mana. Ada di tiap kurun waktu dan hadir disemua lokasi dan ruang.
       Jika teknologi sesunggunya ada disemua kurun sejarah kehidupan  manusia dan masyarakat, adalah lumrah jika kita bertanya mengapa iptek kok tiba-tiba menerobos ke tengah panggung kehidupan manusia dan menjadi salah satu actor utamanya. Jawaban dari pertanyaan ini bisa bermacam-macam. Tapi tampaknya ada beberapa jawaban yang dapat kita diskusikan bersama.
       Pertama akselerasi perkembangan teknologi kian luar biasa. Tak dapat kita pungkiri bahwa saat ini teknologi berkembang dengan sangat cepat.. Memerlukan rarusan ribu tahun perjalanan sejarah dari pemanfaatan batu, kayu dan tulang ke pemanfaatan logam Mengambil waktu puluhan ribu tahun  untuk mengembangkan tehnik komunikasi isyarat ke oral.Dibutuhkan ribuan tahun  dari oral kepenulisan piktograf di dinding gua. Dn masih ribuan tahun lagi dibutuhkan untuk mengembangkan teknologi kertas dan percetakan. Tapi kini penemuan teknologi luar biasa cepatnya.
3
 
2. Peran IPTEK Dalam Pendidikan
       Menurut Reigelut (2000) peran teknologi dalm pendidikan adalah bahwa teknologi merupakan cara manusia untuk berinteraksi antara lingkungan alami ( natural ) dan lingkungan ari fisial ( arti ficial ). Sears dan Hersh (2000) memandang bahwa teknologi sangat terkait dengan pendidikan, mereka mengatakan jika kita memandang ekologi pendidikaan sebagai jaringan hubungan antara siswa, guru dan lingkungan, maka jelaslah bahwa hubungan-hubungan ini secara luas terdefinisikan melalui keberadaan teknologi pembelajaran.
Teknologi mulai diterapkan dalam pendidikan karena adanya pandangan bahwa science diyakini dapat meningkatkan kualitas hidup manusia, berbagai macam produk tenologi yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran berbasis TIK.
3. Dampak perkembangan IPTEK terhadap dunia pendidikan
        Beberapa dampak positif dan negatif dari perkembangan Teknologi terkait dengan dunia Pendidikan yaitu ;
a.  Dampak Positif
1.   Munculnya Media Massa, khususnya Media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat
      Pendidikan. Seperti jaringan Internet, Lab. Komputer Sekolah dan lain-lain.
2.   Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan
      guru dalam proses pembelajaran.
3.   Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka.
4.  Adanya sistem pengolahan data hasil penilaian yang menggunakan pemamfaatan
     Teknologi.
5.  Pemenuhan  kebutuhan akan fasilitas pendidikan dapat dipenuhi dengan cepat.

Khususnya dalam kegiatan pembelajaran, ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari perkembangan IPTEK, yaitu  :
1.   Pembelajaran menjadi lebih efektif, simulatif dan menarik
2.   Dapat menjelaskan sesuatu yang sulit / Kompleks
3.   Mempercepat proses yang lama
4.   Menghadirkan peristiwa yang jarang terjadi
5.   Menunjukkan peristiwa yang berbahaya atau diluar jangkauan

b.  Dampak Negatif
  Disamping dampak positif yang ditimbulkan oleh perkembangan IPTEK, juga akan muncul dampak negatif yang akan ditimbulkan oleh perkembangan IPTEK dalam proses pendidikan, antara lain ;
1. Siswa menjadi malas belajar
2. Terjadinya pelanggaran Asusila.
3. Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pengetahuan yang disalah gunakan oleh pelajar.
4
 
4. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran, sehingga membuat siswa menjadi malas.
5. Kerahasiaan alat tes untuk pendidikan semakin terancam
6. Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal.
7. Adanya penyalahgunaan system pengolah data yang menggunakan Teknologi.
Disatu sisi telah terjadi perkembangan yang sangat baik sekali di aspek telekomunikasi,namun pelaksanaan pembangunan IPTEK masih belum merata. Masih banyak masyarakat kurang mampu yang putus harapannya untuk mendapatkan pengetahuan dan teknologi tersebut.Hal itu dikarenakan tingginya biaya pendidikan yang harus mereka tanggung.Maka dari itu,pemerintah perlu menyikapi dan menanggapi masalah-masalah tersebut, agar peranan IPTEK dapat bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang ada.
Perkembangan Iptek disamping bermanfaat untuk kemajuan hidup Indonesia juga memberikan dampak negatif. Hal yang perlu diperhatikan dalam penerapan IPTEK untuk menekan dampaknya seminimal mungkin, antara lain :
1). Menjaga keserasian dan keseimbangan dengan lingkungan setempat.
2). Teknilogi yang akan diterapkan hendaknya betul-betul dapat mencegah timbulnya
          permasalahan di tempat itu.
3). Memanfaatkan seoptimal mungkin segala sumber daya alam dan sumber daya manusia
     yang ada.




5
 
 


















BAB III
PENUTUP
  1. Kesimpulan
Seperti yang kita ketahui,teknologi kini telah merembes dalam kehidupan kebanyakan manusia bahkan dari kalangan atas hingga menengah kebawah sekalipun.Dimana upaya tersebut merupakan cara atau jalan di dalam mewujudkan kesejahteraan dan peningkatan harkat martabat manusia. Atas dasar kreatifitas akalnya, manusia mengembangkan IPTEK dalam rangka untuk mengolah SDA yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.Dimana dalam pengembangan IPTEK harus didasarkan terhadap moral dan kemanusiaan yang adil dan beradab,agar semua masyarakat mengecam IPTEK secara merata.
  1. Saran
Dengan memperhatikan perkembangan dan kemajuan zaman dengan sendirinya pemanfaatan dan penguasaan IPTEK mutlak diperlukan untuk mencapai kesejahteraan bangsa. Visi dan misi IPTEK dirumuskan sebagai panduan untuk mengoptimalkan setiap sumber daya IPTEK yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, Undang-Undang No. 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang telah diberlakukan sejak 29 Juli 2002, merupakan penjabaran dari visi dan misi IPTEK sebagaimana termaksud dalam UUD 1945 Amandemen pasal 31 ayat 5, agar dapat dilaksanakan oleh pemerintah besrta seluruh rakyat dengan sebaik-baiknya. Selain itu pula perkembangan IPTEK di berbagai bidang di tengah perkembangan zaman yang semakin pesat semestinya dapat meningkatkan kualitas SDM di tengah bermunculannya dampak negative dari adanya perkembangan IPTEK, sehingga diperlukan pemikiran yang serius dan mantap dalam menghadapi permasalahan dalam penemuan-penemuan baru tersebut.








6
 
 




DAFTAR PUSTAKA
Sutedjo, Muwardi, Drs, dkk. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Agama Islam.  Department Agama.
Chusnah M.Pd , Alik, Dra. 2012. Teknologi Pendidikan. STAIMUS.
http://makalah-artikel-online.blogspot.com/VN:F [1.6.8_931]
http://www.anakunhas.com/2011/12/dampak-positif-dan-dampak-negatif-perkembangan-teknologi-informasi-dilihat-dari-berbagai-bidang.html


7
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My New Style

My New Style

My Family

My Family
Miyya Kak Cintha and Family

Prambanan In Action

Prambanan In Action

Kakak Miya

Kakak Miya

PKN STAIMUS 2013

PKN STAIMUS 2013
Mahasiswa PKN dan Peserta Lomba TPQ

PKN 2013 STAIMUS

PKN 2013 STAIMUS

Entri Populer