DAMPAK
PERKEMBANGAN IPTEK
TERHADAP
DUNIA PENDIDIKAN
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Ilmu
pengetahuan dan teknologi dewasa ini telah berkembang pesat yang menghasilkan
alat-alat yang canggih untuk kehidupan manusia. Kemajuan teknologi dalam tiga
dasawarsa ini telah menampakkan pengaruhnya pada setiap dan semua kehidupan
individu dan masyarakat serta Negara. Dapat dikatakan bahwa tidak ada orang
yang dapat mengelakan dirinya dari pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi, bukan hanya dirasakan oleh individu, akan tetapi dirasakan pula oleh
masyarakat dan bangsa dan Negara. Bagi Negara-negara yang sudah maju
teknologinya, pengaruh itu telah lama dirasakan karena justru dalam
Negara-negara itulah kemajuan itu mula-mula dicapai. Sebaliknya bagi
Negara-negara yang sedang berkembang pengaruh itu baru mulai dirasakan, antara
lain seperti dalam bidang informasi, buku-buku, televise, radio, tape recorder
dan film.
Berdasarkan
beberapa pendapat, dapat disimpulkan bahwa teknologi merupakan penerapan (
aplikasi ) dari sains yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan
mempercepat pencapaian tujuan dari setiap kegiatan yang akan dilakukan.
Sedangkan pendidikan yang dimaksud meliputi pendidikan formal, informal,maupun
nonformal. Dalam hal ini pendidikan diartikan sebagai usaha sadar yang
dilakukan oleh keluarga, masyarakat dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan,
pengajaran, dan atau latihan yang berlangsung disekolah maupun diluar sekolah
sepanjang hayat untuk mempersiapkan peserta didik agar professional dalam
masing-masing bidang.
Teknologi dalam pendidikan mencakup setiap
kemungkinan sarana (alat) yang dapat digunakan untuk menyajikan informasi dalam
pendidikan dan latihan. Ellington (1989) menyatakan bahwa teknologi dalam
pendidikan pada dasarnya adalah apa yang oleh teknologi pendidikan dipopulerkan
dengan nama alat bantu pandang dengar (audiovisual aids), selanjutnya dikembangkan
dalam pembelajaran untuk pencapaian tujuan pembelajaran tertentu. Teknologi
dalam pendidikan merupakan perpaduan Aspek
Teoritis dalam pendidikan, Aspek
Perangkat keras (komponen yang saling bergantung tetapi tidak berbeda satu
sama lainnya) dan Aspek Perangkat Lunak (berkenaan
dengan benda yang dipakai pada perangkat keras).
|
Teknologi dalam pendidikan merupakan bagian
dari konsep teknologi pendidikan berupa media untuk mempelancar kegiatan
instruksional. Potensi penggunaan teknologi dalam pendidikan berkaitan dengan
usaha peningkatan produktifitas pendidikan, memungkinkan pendidikan bersifat
individual, cepat dll. Implementasi teknologi dalam pendidikan hendaknya
selektif sesuai konteks sesuai karakteristik si pelajar dan tingkat
kognitifnya.
B. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian
IPTEK?
2. Apa peran IPTEK dalam pendidikan?
3. Bagaimana dampak perkembangan IPTEK terhadap
dunia pendidikan?
C. Tujuan Penelitian
1. Mengetahui dan memahami IPTEK.
2. Mengetahui dan memahami peran IPTEK dalam
pendidikan.
3. Dapat mengetahui dampak perkembangan IPTEK
terhadap dunia pendidikan.
|
BAB
II
PEMBAHASAN
1. Pengertian Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi ( IPTEK )
Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi (iptek ) adalah bagian dari kebudayaan. Oleh karena
itu, seperti juga unsur kebudayaan yang lain, corak dan perkembangan sangatlah
mempengaruhi masyarakat dimana ia berkembang atau diaplikasikan. IPTEK juga diartikan sebagai sebuah sumber informasi
yang dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan seseorang dibidang
teknologi. Dengan kata lain, IPTEK merupakan segala sesuatu yang berhubungan
dengan teknologi, baik itu penemuan terbaru tentang teknologi ataupun
perkembangan dibidang teknologi.
IPTEK saat
ini telah berkembangan sangat pesat, hal itu terlihat dari banyaknya
bermunculan teknologi-teknologi canggih yang dapat membantu kehidupan manusia.
Sesungguhnya
tak ada seorang pun yang dapat melepaskan diri dari pengaruh teknologi. Setiap
saat kita semua bermesraan dengan teknologi. Pakaian yang kita kenakan adalah
hasil iptek yang mencengangkan makanan dan air yang kita konsumsi semua melalui
proses iptek yang luar biasa kendaraan yang kita naiki, tanpa kita kecuali
adalah sosok iptek, tak ketinggalan kertas, buku dan bolpoin yang kita pakai
adalah juga buah iptek. Iptek ada dimana-mana. Ada di tiap kurun waktu dan
hadir disemua lokasi dan ruang.
Jika
teknologi sesunggunya ada disemua kurun sejarah kehidupan manusia dan masyarakat, adalah lumrah jika
kita bertanya mengapa iptek kok tiba-tiba menerobos ke tengah panggung
kehidupan manusia dan menjadi salah satu actor utamanya. Jawaban dari
pertanyaan ini bisa bermacam-macam. Tapi tampaknya ada beberapa jawaban yang
dapat kita diskusikan bersama.
Pertama
akselerasi perkembangan teknologi kian luar biasa. Tak dapat kita pungkiri
bahwa saat ini teknologi berkembang dengan sangat cepat.. Memerlukan rarusan
ribu tahun perjalanan sejarah dari pemanfaatan batu, kayu dan tulang ke
pemanfaatan logam Mengambil waktu puluhan ribu tahun untuk mengembangkan tehnik komunikasi isyarat
ke oral.Dibutuhkan ribuan tahun dari
oral kepenulisan piktograf di dinding gua. Dn masih ribuan tahun lagi
dibutuhkan untuk mengembangkan teknologi kertas dan percetakan. Tapi kini
penemuan teknologi luar biasa cepatnya.
|
Menurut
Reigelut (2000) peran teknologi dalm pendidikan adalah bahwa teknologi merupakan
cara manusia untuk berinteraksi antara lingkungan alami ( natural ) dan
lingkungan ari fisial ( arti ficial ). Sears dan Hersh (2000) memandang bahwa
teknologi sangat terkait dengan pendidikan, mereka mengatakan jika kita
memandang ekologi pendidikaan sebagai jaringan hubungan antara siswa, guru dan
lingkungan, maka jelaslah bahwa hubungan-hubungan ini secara luas
terdefinisikan melalui keberadaan teknologi pembelajaran.
Teknologi mulai diterapkan dalam
pendidikan karena adanya pandangan bahwa science diyakini dapat meningkatkan
kualitas hidup manusia, berbagai macam produk tenologi yang dapat dimanfaatkan
dalam pembelajaran berbasis TIK.
3.
Dampak perkembangan IPTEK terhadap dunia pendidikan
Beberapa dampak positif dan negatif
dari perkembangan Teknologi terkait dengan dunia Pendidikan yaitu ;
a. Dampak Positif
1. Munculnya Media
Massa, khususnya Media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat
Pendidikan. Seperti jaringan Internet, Lab. Komputer Sekolah dan
lain-lain.
2. Munculnya metode-metode
pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan
guru dalam proses pembelajaran.
3.
Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka.
4. Adanya
sistem pengolahan data hasil penilaian yang menggunakan pemamfaatan
Teknologi.
5. Pemenuhan
kebutuhan akan fasilitas pendidikan dapat dipenuhi dengan cepat.
Khususnya
dalam kegiatan pembelajaran, ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari
perkembangan IPTEK, yaitu :
1. Pembelajaran menjadi
lebih efektif, simulatif dan menarik
2. Dapat menjelaskan
sesuatu yang sulit / Kompleks
3. Mempercepat proses
yang lama
4. Menghadirkan
peristiwa yang jarang terjadi
5. Menunjukkan peristiwa
yang berbahaya atau diluar jangkauan
b. Dampak Negatif
Disamping dampak positif yang ditimbulkan
oleh perkembangan IPTEK, juga akan muncul dampak negatif yang akan ditimbulkan
oleh perkembangan IPTEK dalam proses pendidikan, antara lain ;
1. Siswa menjadi malas belajar
2.
Terjadinya pelanggaran Asusila.
3.
Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat
pengetahuan yang disalah gunakan oleh pelajar.
|
5. Kerahasiaan
alat tes untuk pendidikan semakin terancam
6. Penyalahgunaan
pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal.
7. Adanya
penyalahgunaan system pengolah data yang menggunakan Teknologi.
Disatu sisi telah terjadi perkembangan yang sangat baik sekali
di aspek telekomunikasi,namun pelaksanaan pembangunan IPTEK masih belum merata.
Masih banyak masyarakat kurang mampu yang putus harapannya untuk mendapatkan
pengetahuan dan teknologi tersebut.Hal itu dikarenakan tingginya biaya
pendidikan yang harus mereka tanggung.Maka dari itu,pemerintah perlu menyikapi
dan menanggapi masalah-masalah tersebut, agar peranan IPTEK dapat bertujuan
untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang ada.
Perkembangan Iptek disamping
bermanfaat untuk kemajuan hidup Indonesia juga memberikan dampak negatif. Hal
yang perlu diperhatikan dalam penerapan IPTEK untuk menekan dampaknya seminimal
mungkin, antara lain :
1). Menjaga keserasian dan keseimbangan dengan lingkungan
setempat.
2). Teknilogi yang akan diterapkan hendaknya betul-betul
dapat mencegah timbulnya
permasalahan
di tempat itu.
3). Memanfaatkan seoptimal mungkin segala sumber daya alam
dan sumber daya manusia
yang ada.
|
BAB
III
PENUTUP
- Kesimpulan
Seperti
yang kita ketahui,teknologi kini telah merembes dalam kehidupan kebanyakan
manusia bahkan dari kalangan atas hingga menengah kebawah sekalipun.Dimana
upaya tersebut merupakan cara atau jalan di dalam mewujudkan kesejahteraan dan
peningkatan harkat martabat manusia. Atas dasar kreatifitas akalnya, manusia
mengembangkan IPTEK dalam rangka untuk mengolah SDA yang diberikan oleh Tuhan
Yang Maha Esa.Dimana dalam pengembangan IPTEK harus didasarkan terhadap moral
dan kemanusiaan yang adil dan beradab,agar semua masyarakat mengecam IPTEK
secara merata.
- Saran
Dengan
memperhatikan perkembangan dan kemajuan zaman dengan sendirinya pemanfaatan dan
penguasaan IPTEK mutlak diperlukan untuk mencapai kesejahteraan bangsa. Visi
dan misi IPTEK dirumuskan sebagai panduan untuk mengoptimalkan setiap sumber
daya IPTEK yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, Undang-Undang No. 18 Tahun 2002
tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan
dan Teknologi yang telah diberlakukan sejak 29 Juli 2002, merupakan penjabaran
dari visi dan misi IPTEK sebagaimana termaksud dalam UUD 1945 Amandemen pasal
31 ayat 5, agar dapat dilaksanakan oleh pemerintah besrta seluruh rakyat dengan
sebaik-baiknya. Selain itu pula perkembangan IPTEK di berbagai bidang di tengah
perkembangan zaman yang semakin pesat semestinya dapat meningkatkan kualitas
SDM di tengah bermunculannya dampak negative dari adanya perkembangan IPTEK,
sehingga diperlukan pemikiran yang serius dan mantap dalam menghadapi
permasalahan dalam penemuan-penemuan baru tersebut.
|
DAFTAR PUSTAKA
Sutedjo, Muwardi, Drs, dkk. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Agama Islam. Department Agama.
Chusnah M.Pd , Alik, Dra. 2012. Teknologi Pendidikan. STAIMUS.
http://makalah-artikel-online.blogspot.com/
http://www.anakunhas.com/2011/12/dampak-positif-dan-dampak-negatif-perkembangan-teknologi-informasi-dilihat-dari-berbagai-bidang.html
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar