27 Desember 2011

Tafsir Al Mujadilah ayat 11

TUGAS
MOTIVASI BELAJAR DALAM AL-QUR’AN
(Surat al Mujadalah Ayat 11)


Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah: Tafsir Pendidikan
Dosen Pengampu: Drs. Sarbini, Mag










                                                                                                    

                                               
Disusun Oleh:
Nama             : SRI SUDARSINI
NIM              : 02.7313
Semester        : V / PAI


SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM MAMBA’UL ‘ULUM SURAKARTA
(STAIMUS)
2011

MOTIVASI BELAJAR DALAM AL-QUR’AN
(Surat al Mujadalah Ayat 11)

A.    Surat Al Mujadalah ayat 11


B.     Terjemah
Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.

C.     Asbabul Nuzul
Imam Ibnu Abu Hatim mengetengahkan sebuah hadis melalui jalur Ibnu Abu Thalhah yang bersumber dari Ibnu Abbas r.a. Ibnu Abbas r.a. menceritakan, bahwa sesungguhnya orang-orang muslim banyak sekali pertanyaan mereka yang diajukan kepada Rasulullah saw. sehingga beliau merasa keberatan dengan hal tersebut. Lalu Allah bermaksud meringankan beban Nabi-Nya, untuk itu Dia menurunkan firman-Nya, "Apabila kalian mengadakan pembicaraan khusus dengan rasul hendaklah kalian mengeluarkan sedekah (kepada orang miskin) sebelum pembicaraan itu..."

D.    Munasabah  (Kolerasi Ayat lain)
(Q.S. Al-Mujadilah 12) Setelah ayat itu diturunkan maka banyak sekali dari kalangan para sahabat yang menahan diri dan tidak lagi mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada Nabi saw. Maka Allah menurunkan pula firman-Nya yang lain, yaitu, "Apakah kalian takut..." (Q.S. Al-Mujadilah 13) Imam Tirmizi mengetengahkan sebuah hadis yang ia nilai sebagai hadis hasan, demikian pula imam-imam ahli hadis lainnya mengetengahkan pula hadis ini yang bersumber dari Ali. Imam Ali r.a. telah menceritakan, bahwa sewaktu ayat ini diturunkan yaitu, firman-Nya, "Hai orang-orang yang beriman! Apabila kalian mengadakan pembicaraan khusus dengan rasul hendaklah kalian mengeluarkan sedekah sebelum pembicaraan itu..." (Q.S. Al-Mujadilah 12) Lalu Nabi saw. bertanya kepadaku, "Bagaimana pendapatmu dengan sedekah satu dinar?" Aku menjawab, "Mereka tidak akan mampu." Nabi saw. berkata, "Bagaimana dengan setengah dinar." Aku kembali menjawab, "Mereka tidak akan mampu membayarnya." Maka akhirnya Nabi saw. bertanya, "Kalau begitu, berapakah yang mereka mampu membayarnya?" Aku menjawab, "Sebiji gandum." Lalu Nabi saw. bersabda, "Sesungguhnya kamu ini adalah orang yang sangat zuhud (menjauhi keduniaan)." Maka turunlah ayat ini, yaitu firman-Nya, "Apakah kalian takut akan (menjadi miskin) karena kamu memberikan sedekah sebelum pembicaraan dengan rasul...?" (Q.S. Al-Mujadilah 13)

E.     Pesan Dasar Ayat
1.      Perilaku disiplin dan taat asas, sehingga tidak ada pihak yang dirugikan baik diri sendiri maupun orang lain
2.      Menghormati hak dan kewibawaan orang lain, sebab pada dasarnya semua orang ingin dihargai dan dihormati kewibawaannya
3.      Rajin dan giat mencari ilmu, baik ilmu umum maupun ilmu agama

F.      Analisis Sesuai Tema
1.      Rajin dan taat beribadah kepada Allah
2.      Bersikap sportif dan konsekuen dengan bersedia menerima kesalahan dan kekurang diri sendiri serta mengakui kelebihan dan kebenaran dari orang lain
3.      Bekerja/belajar sesuai dengan aturan yang telah ditentukan
4.      Bekerja/belajar dengan penuh semangat, sehingga dipandang sebagai sesuatu yang menyenangkan
5.      Bekerja dengan sikap penuh tanggung jawab, tidak hanya kepada manusia melainkan kepada Allah
6.      Bekerja dengan didasari niat ibadah kepada Allah Swt.

G.    Sumber Pustaka
Al-Qur’an dan terjemah



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Loading...

My New Style

My New Style

My Family

My Family
Miyya Kak Cintha and Family

Prambanan In Action

Prambanan In Action

Kakak Miya

Kakak Miya

PKN STAIMUS 2013

PKN STAIMUS 2013
Mahasiswa PKN dan Peserta Lomba TPQ

PKN 2013 STAIMUS

PKN 2013 STAIMUS

Entri Populer

Fish