18 Januari 2012

IPA untuk SD “Benda dan Sifatnya”


CIRI-CIRI BENDA
 
Ciri-ciri benda yaitu memiliki massa dan volum.
Massa adalah banyaknya bahan penyusun yang terdapat dalam benda. Massa diukur dengan satuan gram atau kilogram.
Volum adalah ukuran ruang yang ditempati oleh suatu benda. Semua benda menempati ruang. Benda yang kecil menempati ruang lebih kecil dibanding benda yang besar.  Hal ini berarti, benda yang kecil memiliki volum yang lebih kecil dan sebaliknya.
 
WUJUD BENDA
Wujud benda ada tiga yaitu benda padat, benda cair, dan gas
1.Bentuk benda padat
Bentuk benda padat tetap (tidak dapat berubah). Benda padat dapat berubah bentuk jika sengaja dibentuk
2. Volum benda padat
Volum benda padat dinyatakan dalam sentimeter kubik (cm3). Benda padat tidak dapat dimampatkan karena benda padat memiliki volum yang tetap. Volum benda padat dapat diketahui dengan memasukkannya ke dalam air. Mula-mula permukaan air berada pada garis 500 cm3. berarti, volum air gelas 500cm3, setelah batu dimasukkan ke dalam gelas, permukaan air menjadi 550cm3. Berarti, volum air dan batu adalah 550cm3. Dengan demikian volum batu adalah 50cm3
3. Bentuk benda cair
Benda cair yang sering kita lihat adalah air. Jika kita masukkan air ke dalam plastik maka bentuk air akan seperti kantong plastik. Berarti air memiliki bentuk seperti wadahnya. Dengan demikian, bentuk benda cair seperti tempatnya. Benda cair tidak memiliki bentuk yang tetap.
4. Volum benda cair
Volum benda cair tidak berubah meskipun ditempatkan di tempat yang berbeda. Benda cair tidak dapat dimampatkan karena memiliki bentuk yang tetap. Volum benda cair dinyatakan dengan satuan mililiter (mL) atau liter.

BERBAGAI BENDA PADAT
Sifat benda padat bervariasi, misalnya lunak, keras, kasar, halus, lentur, dan rapuh. Contoh benda padat:
  • Lunak, misalnya plastisin, kasur, bantal.
  • Keras misalnya besi, batu, baja, dan alumunium.
  • Kasar misalnya amplas, pasir.
  • Halus misalnya bedak, tepung terigu.
  • Lentur misalnya karet.
  • Rapuh misalnya roti kering, kerupuk.
BERBAGAI BENDA CAIR
 
Benda cair juga bermacam-macam. Ada yang kental dan ada yang encer. Benda cair yang kental misalnya kecap, minyak goreng dan oli. Benda cair yang encer misalnya air, sari buah, minyak tanah dan bensin.

MEMBEDAKAN BENDA PADAT ATAU CAIR
¢Benda dikatakan padat jika:
* tidak mudah mengalir
* tidak dapat diaduk
* tidak mengikuti bentuk tempatnya
¢Benda dikatakan cair jika:
* mudah mengalir dan mudah dituang
* dapat diaduk
* bentuknya mengikuti tempatnya

PERUBAHAN SIFAT BENDA

Perubahan sifat benda padat
Benda padat akan mengalami perubahan jika dibakar, dipanaskan dan diletakkan di udara terbuka.
a. Pembakaran
Benda padat yang dibakar akan mengalami perubahan bentuk atau wujud. Perubahan wujud ini dapat bersifat tetap atau sementara. Contioh perubahan yang bersifat sementara: kawat yang dibakar. Contoh perubahan yang bersifat tetap: lidi yang dibakar.
b. Pemanasan
Benda yang dipanaskan akan mengalami perubahan. Benda padat yang dipanaskan dapat menjadi cair. Perubahan benda padat menjadi cair disebut dengan meleleh. Misalnya es batu dipanaskan menjadi air.
c. Peletakan di udara terbuka
Benda padat yang diletakkan di udara terbuka akan berubah wujud menjadi cair. Contoh es batu yang dibiarkan di udara terbuka akan menjadi cair. Beberapa benda padat berupa makanan akan mengalami perubahan jika diletakkan di udara terbuka. Perubahan ini diakibatkan oleh mikroorganisme yang terdapat di udara. Makanan akan memnjadi basi atau busuk dan mengalami perubahan warna, bau, dan rasa.

Perubahan sifat benda cair

Benda cair akan mengalami perubahan jika dipanaskan atau diletakkan di udara terbuka. Perubahan yang terjadi dapat bersifat tetap dan sementara.
a. Pemanasan
Menguap adalah perubahan dari wujud cair menjadi uap. Perubahan benda cair menjadi uap bersifat sementara karena uap air bisa berubah menjadi air lagi bila didinginkan. Benda cair juga dapat berubah menjadi padat jika dipanaskan. Misalnya adonan kue yang dipanaskan akan menjadi kue padat (bersifat tetap). Contoh perubahan yang bersifat sementara: air yang dipanaskan.
b. Peletakan di udara terbuka
Benda cair yang dibiarkan diudara terbuka akan menjadi uap. Misalnya air. Ada pula benda cair yang berubah menjadi padat misalnya coklat cair

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Loading...

My New Style

My New Style

My Family

My Family
Miyya Kak Cintha and Family

Prambanan In Action

Prambanan In Action

Kakak Miya

Kakak Miya

PKN STAIMUS 2013

PKN STAIMUS 2013
Mahasiswa PKN dan Peserta Lomba TPQ

PKN 2013 STAIMUS

PKN 2013 STAIMUS

Entri Populer

Fish